Disclaimer

Semua isi blog ini bukanlah saya yang menciptakan, melainkan JK Rowling. Kecuali beberapa hal yang tidak memiliki keterangan secara lengkap, saya dan murid-murid saya di Indohogwarts lah yang mengarangnya, dengan bantuan dari Google, Wikipedia, HP Lexicon, dan sumber-sumber lain. Tujuan utama dibuatnya blog ini hanyalah sebagai archive esai-esai dan materi pelajaran. Tidak dapat dipungkiri, blog ini juga mungkin bakal dijadikan sumber contekan para murid-murid di Indohogwarts selanjutnya. Harap cantumkan link blog ini kalau Anda menggunakannya sebagai sumber contekan, dan JANGAN menggunakan sistem copy paste, atau nilai Anda akan saya kurangi. Terima kasih.

Rabu, 26 Maret 2008

Esai Herbologi Kelas 1 Arzu Evenstar

Esai Tanaman di Seluruh Dunia
Arzu Evenstar
Gryffindor Tahun Pertama


ACONITE.

Menurut buku yang saya baca tanaman ini sangat berbahaya karena dapat membunuh manusia jika dimakan. Nama lainnya Monkshood dan Wolfsbane.

Sepertinya tanaman ini juga dapat merubah seseorang yang memakannya menjadi manusia serigala. Hanya saja saya tidak mengerti bagaimana hal tersebut mungkin. Secara seharusnya manusia dapat menjadi manusia serigala jika digigit oleh manusia serigala yang lain. Tetapi tanaman tersebut juga disebutkan akan membunuh manusia serigala yang memakannya pada saat bertransformasi. Menurut saya karena hal ini, Aconite juga diberi nama lain Wolfsbane.

Kembali ke topik. Aconite dicirikan sebagai tanaman dengan bunga yang tinggi dan termasuk kedalam keluarga Buttercup. Bunga dari aconite bisa berwarna biru, ungu, kuning, pink, ataupun putih. Sedangkan beberapa bagian Aconite yang biasa digunakan adalah daunnya yang dibiarkan segar dan akarnya yang biasa digunakan setelah dikeringkan. Juga disebutkan bahwa dikarenakan tingkat racun yang sangat tinggi diharapkan akar Aconite dipanen pada kondisi yang sama untuk menjaga kesamaan dari obat. Yang saya agak bingungkan adalah bagaimana mungkin hal itu akan berpengaruh. Maksud saya tanaman tersebut sudah beracun jika berada dalam kondisi yang berbeda pun tentu tambah berbahaya racunnya. Jika akar Aconite dipanen pada keadaan yang sama tentu saja akan tetap beracun.

Ada beberapa gejala yang dapat ditemui jika seseorang terkena racun aconite. Seperti merasakan kebal di bagian lidah dan mulut, mempunyai perasaan bahwa ada semut yang menjalari sekujur tubuh, muntah - muntah, kesusahan dalam bernapas, nadi berdenyut lemah dan tidak berarturan, serta kulit terasa dingin. Tetapi para ahli tampaknya juga menemukan bahwa ada spesies aconite yang bisa menjadi antidote. Pendapat saya hal ini sangat bisa terjamin kebenarannya karena biasanya racun dapat menanggulangi racun yang lain.

Kesimpulan saya adalah tanaman ini beracun. Saran yang paling mudah agar tidak terkena racunnya menurut saya lebih baik tanaman ini dihindari saja.


-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Nilai untuk esai Arzu Evenstar: A. Esainya hanya terdiri dari isi, tanpa Pembukaan maupun Kesimpulan, apalagi Referensi. Bahasa yang dipergunakan juga terlalu subjektif. Dalam esai, harap diingat untuk menggunakan bahasa yang objektif, untuk menghindari kesalahpahaman karena berbeda sudut pandang. Bersikaplah sebagai orang luar, atau lebih baik lagi kalau meninjau isi esai dari dua sudut pandang berbeda, terutama untuk esai-esai dengan tema crucial. Karena esai ini hanya membahas tanaman, bahasa objektif sudah cukup.

Tidak ada komentar: