Disclaimer

Semua isi blog ini bukanlah saya yang menciptakan, melainkan JK Rowling. Kecuali beberapa hal yang tidak memiliki keterangan secara lengkap, saya dan murid-murid saya di Indohogwarts lah yang mengarangnya, dengan bantuan dari Google, Wikipedia, HP Lexicon, dan sumber-sumber lain. Tujuan utama dibuatnya blog ini hanyalah sebagai archive esai-esai dan materi pelajaran. Tidak dapat dipungkiri, blog ini juga mungkin bakal dijadikan sumber contekan para murid-murid di Indohogwarts selanjutnya. Harap cantumkan link blog ini kalau Anda menggunakannya sebagai sumber contekan, dan JANGAN menggunakan sistem copy paste, atau nilai Anda akan saya kurangi. Terima kasih.

Rabu, 26 Maret 2008

Esai Herbologi Kelas 1 Mia A. Van Dawson

Nama : Mia A.Van Dawson
Asrama : Gryffindor
Tahun : Pertama
Pelajaran : Herbology


Tanaman Sihir di Seluruh Dunia

Mandrake

Ciri-ciri :
Mandrake sejenis tumbuhan sihir yang akarnya berbentuk menyerupai manusia, dan seperti kepala bayi saat masih muda. Warna kulitnya pucat kehijauan dan berbercak-bercak.Tumbuhan ini bentuknya kecil jika masih beberapa hari umurnya.
Daunnya berwarna hijau keunguan. Ciri yang paling kuat adalah saat kita mencabut tanaman tersebut, maka akan mendengar tangisan atau jeritan dari tanaman mandrake.
Saat masih kecil atau bayi, tangisan Mandrake bisa menyebabkan orang
pingsan dalam beberapa jam. Tapi tangisan Mandrake dewasa bisa
mengakibatkan tuli dan meninggal dunia.

Cara Merawat:
Tumbuhan ini cukup di beri pupuk dan di taruh di pot yang masih kecil saat tumbuhan ini masih muda. Setelah beberapa bulan, mandrake di pindah ke pot yang lebih besar dan di timbun dengan kompos hitam lembab sampai tinggal gerumbul daunnya.
Saat Mandrake sudah mulai berjerawat dan saling bergosip serta mulai berpindah pot sendiri Mandrake ini sudah menjadi mandrake dewasa, maka mandrake sudah siap untuk diolah dan diambil batangnya atau akarnya untuk dibuat jus.

Fungsi :
Mandrake sangat banyak fungsinya. Jika sudah dewasa dan siap di panen. Mandrake bisa menjadi campuran obat dan beberapa ramuan.
Ramuan yang bahan dasarnya dari Mandrake adalah ramuan untuk mengibati korban yang terkena kutukan atau korban yang di buat membantu oleh sesuatu. Nama ramuan ini adalah Mandrake Restorative Draught. Merupakan antidot ampuh untuk mengembalikan orang-orang yang membantu. Bahan dasar ramuan ini hanya mandrake yang dibuat jus.
Ambil batang dan akar tanaman ini kemudian haluskan dan dibuat jus. Minumkan pada korban yang di kutuk atau dibuat membatu.

Efek Samping :
Mandrake mempunyai efek samping pada manusia. Jeritannya, seperti yang sudah saya jelaskan tadi, tanaman ini jika diambil dari potnya maka tanaman ini akan menjerit atau menangis. Jeritan tanaman ini saat masih muda cukup bisa membuat orang pingsan selema berjam-jam. Namun untuk tanaman dewasa, jeritannya bisa mengakibatkan tuli
dan bisa membunuh orang. Sepertinya jika mandrake belum waktu panen sudah di olah, maka akan berakibat racun dan mematikan bagi penggunanya.

---------------------------------------------------------------------------------------------------

Mia A. Van Dawson mendapatkan nilai E untuk esainya di atas. Silakan diperhatikan, bagian mana dari format yang sudah saya ajarkan, yang tidak ada di dalam esainya?

Tidak ada komentar: